Kamis, 26 Desember 2013

Layanan Aplikasi Di Internet

Diposting oleh Sharia Vebiriana di 20.40

LAYANAN APLIKASI DI INTERNET



BAB 1
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana menggunakan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).

B.  Rumusan Masalah

1.      Apa itu pengertian dari Word Wide Web (WWW)?
2.     Apa itu pengertian dari Electronic Mail (E-Mail)?
3.     Apa itu pengertian dari Search Engine?
4.     Apa itu pengertian dari Chatting?
5.     Apa itu pengertian dari Netiquette?

C.  Tujuan

1.      Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Word Wide Web (WWW).
2.     Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Electronic Mail (E-Mail).
3.     Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Search Engine.
4.     Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Chatting.
5.     Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Netiquette.



BAB 2
PEMBAHASAN



A.  World Wide Web (WWW)

WWW (Word Wide Web) merupakan ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW (Word Wide Web) merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambarsuaravideo dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW (Word Wide Web)  merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).


B.  Electronic Mail (E-Mail)

E-mail merupakan surat media electronik, sebenarnya e-mail merupakan singkatan Electronic Mail, dengan mudahnya kita dapat mengirim surat elektronik  yang berupa teks, gambar, dan kita dapat mengirim nya ke beberapa alamat email lain. Adanya keuntungan menggunakan email, yaitu kita dengan mudahnya dan secara langsung kita akan mendapat pesan tersebut, dan biaya yang dikeluarkan tidak mahal, cukup dengan menggunakan jaringan Internet.


C.  Search Engine

Search engine merupakan buah pemrograman yang dibuat untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi. Jadi, kebutuhan Anda akan informasi yang tersedia di internet bisa lebih mudah ditemukan dengan menggunakan search engine. Secara bahasa, pengertian search engine adalah mesin pencari, mesin penelusur, dan mesin pelacak. Anda bisa menggunakannya untuk mencari apa saja informasi yang dibutuhkan, mulai dari informasi kerja, ilmu, gosip, berita dan lain sebagainya.

Sistem kerja search engine adalah menyimpan database yang ada di internet untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan kecocokkan kata kunci yang diketikkan pada search engine dengan data base yang ada. Tentunya akan banyak sekali data yang dimunculkan search engine, untuk urutan yang pertama ditampilkan adalah hasil yang paling akurat.


D.  Chatting

Chatting merupakan sarana komunikasi antar sesama pemakai internet. Chatting gunanya untuk mempermudah pemakai internet dalam bertukar informasi atau untuk memudahkan mereka dalam mengirim tulisan secara online dan dapat mengirim secara cepat. Maraknya jejaring sosial yang memudahkan pemakai internet dalam memakai internet seperti, Yahoo Messenger, Facebook, MSN, Skype dan masih banyak lagi.


E.  Netiquette (Etika Dalam Menggunakan Layanan Aplikasi Internet)

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

·           Flaming merupakan tindakan provokasi, penghinaan, mengejek, atau komentar kasar yang menyinggung pengguna lain

·           Trolling diartikan sebagai seseorang yang mempostingkan tulisan atau pesan menghasut dan tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, dan bahkan blog. Tujuannya adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya agar jalannya diskusi yang tengah berlangsung menjadi kacau. Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller.

·           Junking adalah tindakan memposting sesuatu yang tidak bergguna saat berforum di internet seperti foto, video, dan tulisan di media internet.



BAB 3
PENUTUP


E. Kesimpulan


WWW (Word Wide Web) merupakan ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW (Word Wide Web) merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. E-mail merupakan surat media electronik. Search engine merupakan buah pemrograman yang dibuat untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi. Chatting merupakan sarana komunikasi antar sesama pemakai internet. Chatting gunanya untuk mempermudah pemakai internet dalam bertukar informasi atau untuk memudahkan mereka dalam mengirim tulisan secara online dan dapat mengirim secara cepat. Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet.

DAFTAR PUSTAKA





0 komentar:

Posting Komentar