Minggu, 29 Desember 2013

Psikoterapi: Psikologi Klinis Dalam Internet

Diposting oleh Sharia Vebiriana di 04.14
PSIKOTERAPI: PSIKOLOGI KLINIS DALAM INTERNET


BAB 1
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang pengguna internet mengalami ketergantungan ketika mereka sedang online. tapi banyak orang yang masih banyak belum mengetahui tentang Psikoterapi: Psikologi Klinis dalam internet, dan disini saya akan membahas Psikoterapi: Psikologi Klinis dalam Internet  

B.  Rumusan Masalah

1.         Apa yang dimaksud psikologi klinis dalam internet ?  

C.  Tujuan

1.      Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami adanya psikoterapi dengan bantuan internet   

BAB 2
PEMBAHASAN


Psikologi klinis adalah salah satu bidang psikologi terapan yang menggunakan prinsip-prinsip abnormal. Semakin berkembangnya internet banyak orang yang memanfaatkan internet seperti para psikolog yang melakukan psikoterapi yang kini bisa dilakukan secara online. Seorang psikolog ternama John Suler, Ph.D. Rider University yang dalam artikelnya menuliskan tentang "Masa Depan Psikoterapi Online dan Kerja Klinis", di dalam artikelnya dia memprediksikan akan adanya spesialis untuk psikoterapis online. Dr. Suler memanfaatkan e-Mail sebagai modus utama dalam berinteraksi yang akhirnya membawa ke dalam tahap pengembangan Psikoterapi online yang lebih maju dengan menggunakan alat yang lebih sinkron. 

Psikoterapi ini bermanfaat untuk orang-orang yang malu untuk berkonsultasi secara langsung dan juga bagi orang-orang yang sulit untuk dijangkau oleh terapis. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari psikoterapis online: 

·           Kelebihan
1.      Menghemat waktu 
2.     Lebih hemat
3.     Cocok untuk orang yang memiliki kepribadian tertutup

·           Kekurangan

1.      Sang terapis kurang tahu lebih dalam tentang kondisi pasien
2.     Terapis tidak tahu bahasa tubuh pasien, karena selain mendengarkan konsultasi dari pasien, terapis juga harus melihat bahasa tubuh pasien


BAB 3
PENUTUP


E. Kesimpulan
Internet merupakan salah satu media komunikasi moderen yang menyediakan fasilitas secara luas yang dapat kita akses dimana pun dan kapan pun. Dengan berkembangnya internet, muncullah psikoterapis online yang kini bisa di lakukan di rumah. 

DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Posting Komentar