Senin, 09 November 2015

#SIP 3 Software Pengolah Database

Diposkan oleh Sharia Vebiriana di 17.39
#SIP 3 Software Pengolah Database

MySQL

          MySQL merupakan salah satu system database yang sangat handal karena menggunakan sistem SQL. Pada awalnya SQL berfungsi sebagai bahasa penghubung anatarprogram database dengan bahasa pemrograman. Dengan adanya SQL para pemrogram jaringan dan aplikasi tidak mengalami kesulitan sama sekali dalam menghubungkan aplikasi yang mereka buat. Setelah itu, MySQL dikembangkan lagi menjadisystem database dengan munculnya MySQL. MySQL merupakan database yang sangat cepat karena beberapa user dapat menggunakan secara bersamaan dan secara lengkap. MySQL ini juga salah satu software gratis yang dapat diunduh melalui situsnya. Sebagai database server, MySQL memiliki berbagai keistimewaan, antara lain:

  • Portability MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai system operasi seperti windows, Linux, Mac OS Server, Solaris, Amiga, dll
  • Multiuser MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalma waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik
  • Security MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti, level subnetmask, nama host dan izin akses user dnegan system perizinan yang mendetail serta password terenkripsid. Scability dan Limits MySQL juga mampu menangani database dalam skala besar dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu, batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap harinya.
          MySQL terbukti kestabilannya karena digunakan oleh banyak proyek besar seperti MediaWiki, Flickr, Facebook, Google, Nokia dan Youtube.

OracleXE

          OracleXE adalah produk database server yang bersifat freeware. Para pengguna OracleXE ini dapat menggunakannya tidak hanya untuk percobaan, tetapi juga dapat digunakan untuk pengembangan dandeployment system.
          OracleXE bisa dikatakan sebagai sebuah produkdatabase server portableyang menyediakan teknologi intidatabase serveryang diambil dari Oracle 10g. OracleXE menerapkan beberapa pembatasan-pembatasan terkait dengan pemakaian. Pembatasan pertama adalah hanya dapat mengamati sampai 1 GByte RAM. Pembatasanini akan mempengaruhi pemakai akses database secara bersamaan dan kinerja yang diberikan. Pembatasan kedua, XE hanya akan menggunakan satu CPU dan pembatasan ketiga adalah pembatasan ruang penyimpanan hanya sampai 4GB tidak boleh lebih.

Microsoft Access

          Ms. Access adalah salah satu perangkat lunakyang tergolong Relational Database Management System(RDBMS) yang terkenal dan banyak digunakan saat ini. Perangkat ini juga sudah termasuk dalam paket Microsoft Office. Dengan Ms. Access kita dapat melakukan proses penyortiran, pengaturan data, pembuatan table, query, form, report, pages, macrs dan modules yang semuanya sudah terintegrasi dalam Microsoft Access yang sangat berguna dalam mengelola database. 

          Ms. Access memiliki beberapa komponen utama antara lain:

  1. Tables: Merupakan komponen inti yang berfungsi untuk menyimpan data dengan topik tertentu. Misalnya, data mahasiswa disimpan pada table mahasiswa dan disusun dalam bentuk baris (record) dan kolom (field).
  2. Queries: Komponen ini berfungsi untuk menamilakn atau meminta data tertentu dari database sesuai dengan yang diinginkan. Sebuahquerydapat digunakan mengakses beberapa table secara bersamaan.Queries memegang peranan penting dalam mengelola sebuah database.
  3. Forms: Forms berfungsi untuk menampilkan input, edit, hapus daya dan lain sebagainya dengan tampilan antarmuka yang lebih baik.
  4. Reports: Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi untuk menyajikan laporan, sehingga dapat dicetak pada layar monitor atau langsung keprinter
  5. Pages: Pages berfungsi untuk menyediakan databaseyang dibuat dengan Access sehingga dapat diakses melalui Internet Explorer
  6. Macros: Rangkaian instruksi yang dapat dikenakan pada objek yang ada pada form. Sebuah macro dapat disimpan dan dijalankan ulang secara otomatis. Misalnya, instruksi untuk membuka atau menutup sebuah form, instruksi untuk mencetak report pada form dan lain sebagainya.
  7. Modules: Sebuah kode yang dibuat sesuai aturan sebagai pendukung aplikasi Ms. Access
SUMBER

Huda, M. (2010). Membuat aplikasi database dengan Java, MySQL, dan NetBeans. Jakarta: Elex Media Komputindo

S, Sudarma. (2010). Panduan belajar MySQL database server. Jakarta: Wahana Komputer

Sakur, S. B. (2005). Aplikasi WEB database dengan Dreamweaver MX 2004. Yogyakarta: Andi Offset 

Yuhefizard. (2008). Database management: Menggunakan Microsoft Access 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo

0 komentar:

Poskan Komentar