Kamis, 26 Desember 2013

Peran Sosial Individu & Dampak Negatif Dalam Penggunaan Internet (Tulisan)

Diposting oleh Sharia Vebiriana di 21.23

PERAN SOSIAL INDIVIDU & DAMPAK NEGATIF DALAM PENGGUNAAN INTERNET (Tulisan)

A.  Peran Sosial Individu

Prososial adalah Perilaku prososial dapat dimengerti sebagai perilaku yang menguntungkan penerima, tetapi tidak memiliki keuntungan yang jelas bagi pelakunya (William –1981). Menurut Gerungan (2000) perilaku prososial mencakup perilaku yang menguntungkan orang lain yang mempunyai konsekuensi sosial yang positif sehingga akan menambah kebaikan fisik maupun psikis. Pada intinya Prososial adalah perilaku baik pada orang lain. 

Perilaku Prososial mencakup 5 aspek, yaitu :
  • Berbagi (Sharing), bercerita kepada orang lain tentang keadaan suka maupun duka.
  • Menolong (Helping), memberikan bantuan atau menawarkan sesuatu kepada orang lain baik secara moril maupun materiil yang sekiranya dapat menunjang keberlangsungan kehidupan orang lain.
  • Kerjasama (Cooperating), bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
  • Berderma (Donating), memberikan secara sukarela sebagian barang miliknya kepada orang lain yang sedang membutuhkan.
  • Mempertimbangkan kesejahteraan orang lain, memberi sarana bagi orang lain untuk memudahkan orang tersebut, memiliki kepedulian terhadap orang lain dengan mengindahkan dan menghiraukan masalah orang lain.

B.  Dampak Negatif Dalam Penggunaan Internet

1.      Anti sosial

Anti sosial sering dipandang sebagai sikap dan perilaku yang tidak mempertimbangkan penilaian dan keberadaan orang lain ataupun masyarakat secara umum di sekitarnya. Suatu tindakan antisosial termasuk dalam tindakan sosial yang berorientasi pada keberadaan orang lain atau ditujukan kepada orang lain, meskipun tindakan-tindakan tersebut memiliki makna subyektif bagi orang-orang yang melakukannya. Tindakan-tindakan antisosial ini sering mendatangkan kerugian bagi masyarakat luas, dalam hal penggunaan internet di zaman sekarang ini yang membuat sesorang menjadi anti sosial beberapa diantaranya daalah permainan dan media social.

2.     Pornografi

Pornografi online dapat diakses dengan mudah, terjangkau dan tidak perlu data pribadi untuk menggunakannya. Bahkan terkadang iklan pornografi mudah ditemukan di situs-situs yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pornografi. Penelitian menemukan pornografi bisa berdampak pada perkembangan kesehatan mental dan fisik terutama di kalangan anak muda.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kehadiran internet membuat akses pornografi lebih mudah dari sebelumnya dan ada kekhawatiran bahwa ini berdampak terhadap kesehatan emosional dan fisik, terutama bagi anak muda yang sering menontonnya. Sebenarnya, terkadang ada beberapa anak yang sebenarnya berencana untuk mencari bahan tugas di dunia maya, memang benar ia mendapatkan bahan yang ia cari, namun kebanyakan sekarang tiba-tiba muncul link iklan bergambar yang tidak seharusnya ada disitu, dan terkadang otomatis langsung terbuka. Disinilah bahayanya, pada usia anak hingga remaja, dengan penuh rasa ingin tahu akhirnya mengakses link terlarang tersebut. Tidak jarang dan bisa jadi akan menimbulkan kecanduan pada yang mengakses. Perlu diketahui, menurut hasil pengamatan Salah satu penelitian di Australia, ditemukan 28 persen anak-anak berumur 9 sampai 16 tahun pernah menonton porno melalui internet; sedangkan remaja berumur 15 sampai 16 tahun, persentasenya mencapai 73 persen. Penelitian di Australia lainnya menemukan, dari kelompok remaja berumur 13 sampai 16 tahun, 93 persen lelaki dan 62 persen perempuan telah menonton film porno melalui internet.

3.     Gambling 

Gambling atau perjudian juga merupakan salah satu dampak negative dari penggunaan internet. Sebenarnya, gambling sudah ada sejak jaman dahulu. Gambling merupakan kejahatan yang muncul sebagai akibat adanya komunitas dunia maya di internet dan memiliki karakteristiki seperti perjudian ,yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan komunitas gambling. Para pelaku jenis ini biasanya digambarkan dalam bentuk orang-orang dari kelas menengah keatas yang berpenghasilan besar. Ruang lingkup kejahatan dari gambling bersifat global. Gambling sering dilakukan secara transnasional melintasi batas antar Negara. Dimasa mendatang kejahatan semacam ini dapat mengganggu perekonomian si pelaku gambling ini dan perekonomian nasional melalui jaringan infrastruktur yang berbasis teknologi elektronik.

4.     Deindividuasi 

Deindividuasi juga menjadi salah satu dampak negatif dalan penggunaan internet. Deindividuasi adalah proses hilangnya kesadaran individu karena melebur didalam kelompok atau bisa disebut pikiran kolektif.


DAFTAR PUSTAKA

2.     http://aiueosnote.blogspot.com/2013/10/peran-sosial-individu-dalam-internet.html


0 komentar:

Posting Komentar