PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL (Tulisan)
A. Computer Supported Cooperative Work (Cspw)
CSCW adalah
sesuatu cara untuk merancang suatu sistem yang digunakan untuk membantu
pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak suatu teknologi
pada pola pekerjaan mereka, CSCW juga merupakan suatu sistem yang mendukung
pekerjaan groupware.
Groupware adalah
sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendukung kolaborasi bersama antar sekelompok
pengguna dalam suatu lingkungan tertentu. Groupware mewakili software yang
membantu kelompok kerja/kolega terhubung ke jaringan komunikasi untuk mengelola
aktifitas mereka. Operasi yang didukung antara lain: penjadwalan rapat dan
alokasi sumberdaya, email, e-newsletter, distribusi file dan lain sebagainya.
Computer
Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan
Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka
yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan
mereka.CSCW memiliki tujuan yaitu :
·
Mempelajari
bagaimanaorangbekerja sama sebagaikelompok dan apa yang mempengaruhiteknologi
·
Mendukung proses
pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah:
·
Kaloborasi para
Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek
·
Pengarang
mengedit suatu dokumen bersama-sama
·
Programmer suatu
sistem secara bersamaan
·
Bekerja sama
sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi
·
Para pembeli dan
para penjual melakukan transaksi secara eBay
CSCW seringkali
diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware. CSCW lebih
berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses
interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara
lain:
a. komunikasi yang normal antar
manusia
·
Komunikasi
face-to-face
·
Percakapan
b. komunikasi berbasis teks
1. Komunikasi Face To Face
Pada komunikasi
face to face Tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan
bahasa tubuh dan tatapan mata.
·
Personal
Space
·
Kontak dan
tatapan mata
·
Gerak isyarat dan
bahasa tubuh
·
Back
channel
·
Turn-taking
2.
Percakapan
Terdapat
dua prinsip ucapan antara lain:
·
relevan artinya
bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
·
helpful artinya
suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari
pemahaman pendengar
3. Komunikasi
Berbasis Teks
Ada 4 tipe
komunikasi tekstual dalam groupware:
·
discrete; pesan
langsung seperti dalam email
·
linear; pesan
partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
·
non-linear; saat
pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
·
spatial; dimana
pesan diatur dalam permukaan dua dimensi
4. Kerja
Kelompok
Perilaku kelompok
lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang dinamis
selama bekerja dalam kelompok.
·
Dinamika
kelompok
·
Layout
Fisik
·
Kognisi
Terdistribusi
DAFTAR PUSTAKA
5.
ahttp://keishafeggy.blogspot.com/2013/12/psikologi-dan-internet-dalam-lingkup_9923.html
0 komentar:
Posting Komentar