Minggu, 29 Desember 2013

Psikoterapi: Psikologi Klinis Dalam Internet (Tulisan)

Diposkan oleh Sharia Vebiriana di 04.17
 
PSIKOTERAPI: PSIKOLOGI KLINIS DALAM INTERNET (Tulisan)


Psikologi klinis adalah salah satu bidang psikologi terapan yang menggunakan prinsip-prinsip abnormal. Semakin berkembangnya internet banyak orang yang memanfaatkan internet seperti para psikolog yang melakukan psikoterapi yang kini bisa dilakukan secara online. Seorang psikolog ternama John Suler, Ph.D. Rider University yang dalam artikelnya menuliskan tentang "Masa Depan Psikoterapi Online dan Kerja Klinis", di dalam artikelnya dia memprediksikan akan adanya spesialis untuk psikoterapis online. Dr. Suler memanfaatkan e-Mail sebagai modus utama dalam berinteraksi yang akhirnya membawa ke dalam tahap pengembangan Psikoterapi online yang lebih maju dengan menggunakan alat yang lebih sinkron. 

Psikoterapi ini bermanfaat untuk orang-orang yang malu untuk berkonsultasi secara langsung dan juga bagi orang-orang yang sulit untuk dijangkau oleh terapis. 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari psikoterapis online: 

·           Kelebihan
1.      Menghemat waktu 
2.     Lebih hemat
3.     Cocok untuk orang yang memiliki kepribadian tertutup

·           Kekurangan

1.      Sang terapis kurang tahu lebih dalam tentang kondisi pasien
2.     Terapis tidak tahu bahasa tubuh pasien, karena selain mendengarkan konsultasi dari pasien, terapis juga harus melihat bahasa tubuh pasien



DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Poskan Komentar